Syarat dan Ketentuan

Terima kasih Anda telah mengunduh aplikasi i.saku sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini. Dengan telah mengunduh aplikasi i.saku ini maka Anda dengan ini menyatakan telah membaca, mengetahui, memahami dan menyetujui seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, yang merupakan perjanjian antara Anda dengan PT Inti Dunia Sukses (“PT IDS”), termasuk juga seluruh pihak yang menjadi rekanan PT IDS yang terlibat dalam layanan aplikasi ini.


 

PT IDS berhak untuk setiap saat melakukan perubahan, penambahan, pengurangan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasi terhadap Syarat dan Ketentuan ini, baik sebagian maupun seluruhnya, oleh karenanya Anda diwajibkan untuk dari waktu ke waktu membaca kembali Syarat dan Ketentuan tersebut dalam Aplikasi i.saku.


 

Syarat dan Ketentuan ini tetap berlaku dan mengikat Anda selama Anda menggunakan Aplikasi i.saku dimana pun Anda berada.


 


1.         Definisi


 


1.1.     i.saku adalah merek untuk layanan Uang Elektronik (Electronic Money) yang diterbitkan oleh PT IDS, yang memberikan kemudahan bagi Pelanggan dalam melakukan transaksi keuangan (Cash In, Purchase, Cash Out dan Transfer) melalui media handphone (nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media server).


 


1.2.     Pelanggan adalah pemilik i.saku yang menggunakan layanan uang elektronik i.saku.


 


1.3.     Transaksi adalah transaksi pembayaran, isi saldo, tarik tunai dan transfer yang dapat dilakukan oleh Pelanggan i.saku baik transaksi yang dapat dilakukan langsung oleh Pelanggan melalui handphone, maupun transaksi yang dapat dilakukan di Merchant-Merchant yang sudah bekerjasama dengan PT IDS.


 


1.4.     Akun i.saku Pelanggan adalah akun yang terdapat pada Sistem i.saku yang di dalamnya memrepresentasikan jumlah dana yang tersimpan dalam Sistem i.saku atas nama Pelanggan.


 


1.5.     PIN (Personal Identification Number) adalah nomor rahasia yang dimiliki oleh Pelanggan yang tercatat pada Sistem i.saku yang dipergunakan oleh Pelanggan pada saat melakukan Transaksi.


 


1.6.     Merchant adalah penjual barang dan/atau jasa yang menerima Transaksi dengan menggunakan i.saku.


 


1.7.     Force Majeure adalah kejadian-kejadian di luar kekuasaan PT IDS yang mengakibatkan terhenti atau tertundanya pelaksanaan kewajiban PT IDS berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun pada gempa bumi, angin topan, banjir, kebakaran, tanah longsor, pemogokan umum, huru hara, perang, pemberontakan, dan perubahan atas kebijaksanaan Pemerintah serta peraturan-peraturan Pemerintah.


1.8.     Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.


 


2.         Penggunaan Layanan i.saku


 


2.1.     Layanan i.saku dapat digunakan di Merchant-Merchant yang telah bekerjasama dengan PT IDS.


 


2.2.     Untuk setiap Transaksi, Pelanggan harus meminta token terlebih dahulu dan menginformasikannya ke kasir untuk otorisasi Transaksi.


 


2.3.     Ketentuan nilai minimum pembayaran yang berlaku di masing-masing Merchant dapat berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing Merchant.


 


2.4.     Layanan i.saku hanya boleh digunakan oleh Pelanggan dan tidak dapat dipindahtangankan kepada pihak lain tanpa persetujuan PT IDS. Segala akibat atau kerugian yang timbul karena kesalahan, kelalaian, ketidak hati-hatian Pelanggan sendiri dalam menggunakan layanan i.saku adalah merupakan beban dan tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya.


 


2.5.     Layanan i.saku tidak dapat digunakan untuk Transaksi di Merchant apabila :


a.         Dana dalam Akun i.saku Pelanggan tidak mencukupi;


b.         Akun i.saku Pelanggan dalam keadaan terblokir.


Dalam hal Pelanggan melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini, maka PT IDS berhak untuk menolak setiap Transaksi yang dilakukan Pelanggan.


 


2.6.     Apabila terdapat perbedaan antara saldo pada handphone (SMS maupun Mobile Applications i.saku) dengan saldo yang tercatat pada Sistem PT IDS, maka yang berlaku adalah saldo yang tercatat pada Sistem i.saku.


 


3.         Penggunaan dan Pengelolaan Data Pelanggan


 


3.1.     Pelanggan dengan ini menyatakan bahwa terkait dengan seluruh data yang telah diserahkan oleh Pelanggan kepada PT IDS, baik secara langsung maupun tidak langsung, selama menggunakan layanan i.saku, Pelanggan telah memberikan persetujuan dan kuasa kepada PT IDS untuk menggunakan, mengelola, menganalisa, mengolah, menyimpan, mengakses, menginformasikan, memberitahukan, membagikan dan/atau menyampaikan sebagian atau seluruh data tersebut kepada pihak lain yang dianggap baik oleh PT IDS, serta untuk melakukan tindakan apapun atas data tersebut dan untuk tujuan apapun yang diperlukan dan dianggap baik oleh PT IDS.


 


3.2.     Pelanggan dengan ini menyatakan dan menjamin secara tegas bahwa penyerahan data tersebut di atas tidak melanggar hak Pelanggan atau pihak lain manapun terkait dengan Pelanggan, termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual Pelanggan dan pihak lain tersebut.


 


3.3.     Ketentuan tersebut di atas tetap berlaku dan mengikat Pelanggan meskipun Pelanggan sudah tidak menggunakan Layanan i.saku.


 


4.         Pernyataan dan Jaminan Pelanggan


 


4.1.     Pelanggan wajib menjaga kerahasiaan PIN terhadap siapapun. Segala akibat yang timbul akibat penyalahgunaan PIN oleh Pelanggan atau orang lain, adalah merupakan beban dan tanggung jawab sepenuhnya dari Pelanggan.


 


4.2.     Layanan i.saku dapat digunakan oleh Pelanggan sejak layanan diaktifkan sampai dengan ditutupnya layanan i.saku atas kehendak Pelanggan. Dana yang akan diterima Pelanggan atas penutupan layanan i.saku adalah sebesar sisa saldo dana di Akun i.saku Pelanggan, setelah dibulatkan ke dalam satuan ribuan.


 


4.3.     Pelanggan berjanji tidak akan menuntut PTIDS atas segala kerugian tidak langsung termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan keuntungan, kehilangan pendapatan atau kehilangan kesempatan maupun kerugian immaterial lainnya yang timbul karena penggunaan layanan i.saku oleh Pelanggan.


 


4.4      Pelanggan hanya dapat mengakses atau menggunakan layanan i.saku sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang ada, tidak digunakan untuk tujuan penipuan, tindakan pelanggaran hukum, tindakan kriminal, dan/atau setiap aktivitas dan tindakan lain yang bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku. Pelanggan bertanggungjawab penuh untuk memastikan telah mengunduh aplikasi i.saku yang benar dan sesuai untuk perangkat yang digunakan Pelanggan.       


 


4.5      Pelanggan dilarang untuk menggunakan layanan i.saku untuk transaksi yang termasuk namun tidak terbatas pada transaksi yang :


a. bertujuan melanggar hukum


b. memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun


c. mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, atau ancaman lainnya yang berbahaya bagi layanan i.saku


d.         mengganggu kinerja sistem dan/atau Aplikasi layanan i.saku  


            Atas pelanggaran terhadap transaksi sebagaimana yang disebutkan di atas, Pelanggan dengan ini bertanggungjawab penuh dan dengan ini bersedia untuk diproses sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.


 


4.6      Pelanggan dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi atau Akun serta dilarang untuk melakukan transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi PT IDS.


 


4.7      Pelanggan dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:


a.  Pelanggan adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Apabila Pelanggan tidak memenuhi syarat dan ketentuan ini, PT IDS berhak untuk sewaktu-waktu untuk men-nonaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya;


b.  Pelanggan memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan layanan aplikasi i.saku serta untuk melaksanakan seluruh syarat dan ketentuan;


c.  Apabila pelanggan melakukan melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Pelanggan dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pelanggan memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan;  


d.  Pelanggan dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembuatan akun ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tidak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Pelanggan dengan ini bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan PT IDS dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Pelanggan melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;    


e.  Seluruh data baik yang telah Pelanggan sampaikan atau cantumkan maupun yang akan disampaikan dikemudian hari atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Pelanggan kepada PT IDS atau pada atau melalui Aplikasi atau Sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Pelanggan merupakan pihak atau dimana Pelanggan atau aset Pelanggan terikat


5.            Biaya-Biaya


a. Pelanggan mengetahui dan setuju bahwa atas penggunaan Layanan i.saku ini, baik PT IDS maupun Merchant dapat mengenakan biaya Transaksi.


b.  Biaya sms (sesuai dengan kebijakan operator) ditanggung oleh Pelanggan.


c.  Biaya Transaksi dapat berubah sesuai kebijakan yang berlaku di PT IDS maupun Merchant.


 


6.         Hak Atas Kekayaan Intelektual


6.1       Seluruh sistem dan Aplikasi termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi Pelanggan; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik PT IDS dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.


6.2       Pelanggan dilarang untuk dengan cara apapun dan dalam kondisi apapun menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik PT IDS sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari PT IDS.6.     Penanganan Keluhan


Segala keluhan mengenai layanan i.saku dapat diajukan secara lisan melalui Call Centre (021) 1500580 dengan memenuhi persyaratan dan prosedur pengaduan yang telah ditetapkan.


 


7.         Batas Tanggung Jawab PT IDS


 


7.1.     PT IDS hanya berkewajiban untuk menanggung kerugian langsung yang diderita Pelanggan sepanjang dapat dibuktikan karena kesalahan PT IDS, dengan jumlah maksimum sebesar jumlah nominal transaksi yang bermasalah.


 


7.2.     PT IDS dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini apabila terjadi Force Majeure atau karena peraturan pemerintah yang menyebabkan PT IDS tidak bisa memberikan Layanan i.saku.


 


7.3      Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang diberikan kepada PT IDS dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Pelanggan masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.


 


7.4      Pelanggan dengan ini membebaskan PT IDS dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang telah berikan kepada PT IDS dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang PT IDS berdasarkan Syarat dan Ketentuan.


7.5      PT IDS tidak pernah memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun terkait reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akuran dan/atau kelengkapan layanan i.saku


 


7.6      Pelanggan dengan ini menyatakan setuju bahwa PT IDS berhak untuk memblokir dan/atau menutup Akun apabila : (a) PT IDS memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau kriminalitas terkait dengan Akun Pelanggan atau pelanggan lainnya; (b). Pelanggan memberikan data yang tidak valid / tidak lengkap kepada PT IDS; (c) atas permintaan tertulis dari instansi kepolisian ataupun instansi berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


 


7.7      PT IDS tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan atau kegagalan transaksi yang disebabkan oleh hal-hal termasuk tetapi tidak terpada pada : (a). ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) atau (b) tidak tersedianya atau terjadinya gangguan atau tidak berfungsinya beberapa fitur pada perangkat Pelanggan.


 


8.         Hukum Yang Berlaku dan Penyelesaiannya


8.1               Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.


 

Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini wajib diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat. Apabila tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat, maka setiap perselisihan akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jakarta.